TUGAS TEORI BAHASA DAN OTOMATA

Berikan komentar minimal 3 paragraf mengenai teori bahasa dan otomata.
batas pengumpulan pada tanggal 2 agustus 2009 pukul 23.59 wita.
selamat mengerjakan.

Komentar

  1. NAMA : MADURIENINGSIH
    NIM : 2009426049

    Teori bahasa membicarakan bahasa formal (formal language), yang terdiri dari kumpulan kalimat. Sebuah kalimat dalam sebuah bahasa dibangkitkan oleh sebuah tata bahasa (grammar) yang sama oleh dua atau lebih tata bahasa yang berbeda terutama untuk kepentingan perancangan kompilator (compiler) dan pemroses naskah (text processor).

    Bahasa dalam hal ini berisi semua string yang dapat dihasilkan menggunakan aturan-aturan grammar yang mempunyai nilai/ manfaat sangat besar di ilmu informatika/ computer karena untuk mendeskripsikan dan mendefinisikan sintaks bahasa pemrograman dan bahasa-bahasa formal lain dan dapat diterapkan pada perancangan kompilator.

    Teori otomata merupakan kajian mengenai perangkat komputasi abstrak atau bisa dikatakan mesin abstrak. Teori menyediakan konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang dapat membantu kita memahami sifat umum suatu bidang kajian yang berkaitan dengan Automata.

    Sedangkan otomata (Automata) adalah suatu sistem yang terdiri atas sejumlah berhingga state yang mempelajari tentang mesin abstrak yang menerima input dan mengeluarkan output dalam bentuk diskret (satu per satu). Dimana state adalah suatu kondisi yang menyatakan informasi mengenai input yang lalu sedangkan input pada otomata dianggap sebagai batas yang harus dikenali oleh mesin.

    BalasHapus
  2. Nama : Indra Ade Mula Putra
    NIM : 20094260


    Teori otomata yang selama ini banyak diterapkan dalam bidang tata bahasa formal khususnya dalam sebuah pengembangan compiler, juga dapat digunakan untuk melakukan pemodelan atau pendekatan pemecahan masalah - masalah yang berkaitan dengan aplikasi didalam bidang kecerdasan buatan.

    Otomata.
    Arti menurut American Heritage Dictionary :
    1. Robot.
    2. One that behaves in an automatic or mechanical fashion.
    Arti dalam Matematika.
    Berkaitan dengan teori mesin abstrak, yaitu mesin sekuensial yang menerima input, dan mengeluarkan output, dalam bentuk diskrit.
    contoh:
    1. Mesin jaja/vending machine
    2. Kunci kombinasi
    3. parser/compiler

    Bahasa formal.
    suatu kalimat dibentuk dengan menerapkan serangkaian suatu aturan produksi pada sebuah simbul 'akar'. Proses penerapan aturan produksi dapat digambarkan suatu diagram pohon.

    Sifat-sifat otomata:
    1. kelakuan mesin bergantung pada rangkaian masukan yang diterima mesin tersebut.
    2. setiap saat, mesin dapat berada pada suatu status tertentu dan dapat berpindah kestatus baru karena adanya perubahan input.
    3. Rangkaian input (diskrit)pada mesin otomata dapat dianggap sebagai bahasa yang harus "dikenali" oleh sebuah otomata. setelah pembacaan input selesai, mesin automata kemudian membuat "keputusan".


    Jenis-jenis automata.
    jenis pita masukkan Arah head Memory
    Finite State Read Only 1arah -
    Push Down Read Only 1arah stack
    Liner-Bounded R/W 2arah (bounded)
    Turing-Machine R/W 2arah (unbuended)


    didalam bahasa Otomata ada yang namanya kecerdasan buatan.
    Kecerdasan Buatan.
    kecerdasan buatan adalah bidang ilmu yang mendasarkan bagaimana sebuah komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia.
    Aplikasi Kecerdsan buatann:
    1.Sistem pakar.
    2.Pengolahan bahasa alami.
    3.Pengenalan ucapan.
    4.Robotika dan sistem sensor.
    5.Computer Vision.
    6.Problem solving and planning.
    7.Permainan.

    cuman itu yang bisa saya komentarin bila ada kesalahan tulisan tolong dimaafin ya pak, karena manusia tidak pernah luput dari kesalahan,,,Tanks 4 All,,,,,,(^_^).

    BalasHapus
  3. Nama : Muhammad Ilham
    NIM : 2009426056

    Teori Bahasa
    •Teori bahasa membicarakan bahasa formal (formal language), terutama untuk kepentingan perancangan kompilator (compiler) dan pemroses naskah (text processor).
    •Bahasa formal adalah kumpulan kalimat. Semua kalimat dalam sebuah bahasa dibangkitkan oleh sebuah tata bahasa (grammar) yang sama.
    •Sebuah bahasa formal bisa dibangkitkan oleh dua atau lebih tata bahasa berbeda.
    •Dikatakan bahasa formal karena grammar diciptakan mendahului pembangkitan setiap kalimatnya.
    •Bahasa Natural/manusia bersifat sebaliknya; grammar diciptakan untuk meresmikan kata-kata yang hidup di masyarakat. Dalam pembicaraan selanjutnya ‘bahasa formal’ akan disebut ‘bahasa’ saja.

    Otomata (Automata)
    •Otomata adalah mesin abstrak yang dapat mengenali (recognize), menerima (accept), atau membangkitkan (generate) sebuah kalimat dalam bahasa tertentu.

    Beberapa Pengertian Dasar :
    •Simbol adalah sebuah entitas abstrak (seperti halnya pengertian titik dalam geometri). Sebuah huruf atau sebuah angka adalah contoh simbol.
    •String adalah deretan terbatas (finite) simbol-simbol. Sebagai contoh, jika a, b, dan c adalah tiga buah simbol maka abcb adalah sebuah string yang dibangun dari ketiga simbol tersebut.
    •Jika w adalah sebuah string maka panjang string dinyatakan sebagai w dan didefinisikan sebagai cacahan (banyaknya) simbol yang menyusun string tersebut. Sebagai contoh, jika w = abcb maka w= 4.
    •String hampa adalah sebuah string dengan nol buah simbol. String hampa dinyatakan dengan simbol  (atau ^) sehingga = 0. String hampa dapat dipandang sebagai simbol hampa karena keduanya tersusun dari nol buah simbol.
    •Alfabet adalah hinpunan hingga (finite set) simbol-simbol

    Operasi Dasar String
    Diberikan dua string : x = abc, dan y = 123
    •Prefik string w adalah string yang dihasilkan dari string w dengan menghilangkan nol atau lebih simbol-simbol paling belakang dari string w tersebut.
    Contoh : abc, ab, a, dan  adalah semua Prefix(x)
    •ProperPrefix string w adalah string yang dihasilkan dari string w dengan menghilangkan satu atau lebih simbol-simbol paling belakang dari string w tersebut.
    Contoh : ab, a, dan  adalah semua ProperPrefix(x)
    •Postfix (atau Sufix) string w adalah string yang dihasilkan dari string w dengan menghilangkan nol atau lebih simbol-simbol paling depan dari string w tersebut.
    Contoh : abc, bc, c, dan  adalah semua Postfix(x)
    •ProperPostfix (atau PoperSufix) string w adalah string yang dihasilkan dari string w dengan menghilangkan satu atau lebih simbol-simbol paling depan dari string w tersebut.
    Contoh : bc, c, dan  adalah semua ProperPostfix(x)
    •Head string w adalah simbol paling depan dari string w.
    Contoh : a adalah Head(x)

    BalasHapus
  4. Nama : Karmila
    NIM : 2009426037

    Bahasa dan otomata merupakan bahasa Formal yaitu suatu kalimat dibentuk dengan menerapkan serangkaian aturan produksi pada sebuah
    simbol ‘akar’. Proses penerapan aturan produksi dapat digambarkan sebagai suatu
    diagram pohon.

    Operasi Dasar String
    ProperPostfix (atau PoperSufix) string wadalah string yang dihasilkan dari string wdengan menghilangkan satu atau lebih simbol-simbol paling depan dari string wtersebut.

    Contoh : bc, c, dan  adalah semua ProperPostfix(x)

    a.Head string w adalah simbol paling depan dari string w.
    Contoh :a adalah Head(x)

    b.Tail string w adalah string yang dihasilkan dari string wdengan menghilangkan simbol paling depan dari string w tersebut.
    Contoh : bc adalah Tail(x)

    c.Substring string wadalah string yang dihasilkan dari string wdengan menghilangkan nol atau lebih simbol-simbol paling depan dan/atau simbol-simbol paling belakang dari string wtersebut.
    Contoh : abc, ab, bc, a, b,c, dan  adalah semua Substring(x)

    Berkaitan dengan teori mesin abstrak, yaitu mesin sekuensial yang menerima input, dan
    mengeluarkan output, dalam bentuk diskrit.
    Contoh :
    ♦ Mesin Jaja / vending machine
    ♦ Kunci kombinasi
    ♦ Parser/compiler
    Teori Otomata dan bahasa formal, berkaitan dalam hal :
    ♦ Pembangkitan kalimat/generation : menghasilkan semua kalimat dalam bahasa L
    berdasarkan aturan yang dimilikinya
    ♦ Pengenalan kalimat / recognition : menentukan suatu string (kalimat) termasuk
    sebagai salah satu anggota himpunan L.

    BalasHapus
  5. Nama : Mariani
    NIM : 2009624045

    OTOMATA

    • Suatu bentuk (model matematika) yang memiliki fungsi-fungsi daari komputer digital yaitu menerima input, menghasilkan output, bisa memiliki penyimpanan sementara dan mampu membuat keputusan dalam mentransformasikan input ke output.

    • Otomata merupakan suatu sistem yang terdiri atas sejumlah berhingga state, dimana state menyatakan informasi mengenai input yang lalu, dan dapat pula dianggap sebagai memori mesin.

    • Input pada mesin otomata dianggap sebagai bahasa yang harus dikenali oleh mesin. Selanjutnya mesin otomata membuat keputusan yang mengindikasikan apakah input ini diterima atau tidak, sehingga mesin otomata dapat dipakai untuk menghasilkan bahasa yang aturannya ditentukan oleh bahasa tersebut.

    Tata Bahasa
    Aturan yang disebutkan pada proses pengenalan dan pembangkitan kalimat.
    Secara formal, tata bahasa terdiri dari 4 komponen yaitu :
    1. Himpunan berhingga, tidak kosong dari simbol-simbol non terminal T1
    2. Himpunan berhingga, dari simbol-simbol non-terminal N
    3. Simbol awal S ∈ N, yang merupakan salah satu anggota dari himpunan simbol nonterminal.
    4. Himpunan berhingga aturan produksi P yang setiap elemennya dituliskan dalam
    bentuk :
    α → β
    dimana α dan β adalah string yang dibentuk dari himpunan T ∪ N dan α harus berisi
    paling sedikit satu simbol non-terminal.

    BalasHapus
  6. Nama : Muhammad Husni
    Nim : 2009 426 042

    Teori Bahasa dan Otomata merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jurusan Teknik Informatika, yang mana TBO ini membahas tentang model-model komputasi sebagai mesin abstrak yang dapat didefinisikan secara matematis, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling powerfull.
    * Formalisasi matematis disusun secara
    bertahap
    * Hubungannya dengan masalah dunia nyata.

    Definisi Teori Bahasa dan Otomata :

    Bahasa merupakan beberapa variabel yang dapat dibentuk dari himpunan alfabet, atau rangakaian simbol-simbol yang mempunyai makna. Refresentasi suatu bahasa yang berupa suatu kalimat dibangun dari unit-unit kebahasaan, dimulai dari yang paling sederhana yaitu huruf kemudian kata dan akhirnya terbentuklah kalimat. Adapun teori bahasa itu sendiri membicarakan tentang bahasa formal, terutama untuk kepentingan perancangan kompiator dan pemroses naskah. Dalam proses pembentukan kalimat akan melibatkan serangkaian aturan-aturan kebahasaan yang berlaku secara umum tentunya hal ini memberikan pembatasan yang pada intinya dipergunakan untuk memperoleh susunan kalimat yang kita sebut valid secara gramatikal meskipun pada kenyataannya di dalam kehidupan manusia sehari-hari ketentuan kebahasaan tersebut tidaklah selalu terpakai sempurna, inilah yang membedakan antara manusia dan komputer didalam mendefinisikan, menerima, memahami, dan mengaplikasika suatu bahasa.

    segi pemaknaan kata semisal istilah konotasi kata, tendensi berbahasa tidaklah dikenal dalam dunia komputasi menggunakan perangkat "pintar" yang kita sebut komputer itu. maka dari itu Tata Bahasa (Grammar) yang bersifat formal dan deterministik harus diterapkan ketika kita mulai bekerja dengan komputer. penerapan yang paling nyata penggunaan Formal Grammar yang sering kita temui adalah konstruksi dan unjuk kerja suatu kompiler dan Interpreter yang merupakan jenis Software penting dalam pemrograman komputer atau kita sebut software bahasa.

    Otomata (Automata) merupakan suatu sistem yang terdiri atas sejumlah state yang mempelajari tentang mesin abstrak yang menerima input dan mengeluarkan output dalam bentuk diskret. Sedangkan dalam dunia matematika, arti automota berkaitan dengan teori mesin abstrak, yaitu mesin sekuensial yang menerima input, dan mengeluarkan output, dalam bentuk diskrit. contohnya, mesin jaja, mesin penukar uang, dan lain-lain.
    Teori Otomata dan bahasa formal, berkaitan dalam hal :
    - pembangkitan kalimat/generation :
    menghasilkan semua kalimat dalam bahasa L
    berdasarkan aturan yang dimilikinya.
    - Pengenalan kalimat/recognition :
    menentukan suatu string (kalimat) termasuk
    sebagai salah satu anggota himpunan L.
    Ada beberapa pengertian dasar :
    - Simbol
    sebuah entitas abstrak.
    - string
    deretan terbatas simbol-simbol.
    - string hampa
    sebuah string dengan nol buah simbol.

    Teori Bahasa dan Otomata merupakan mata kuiah yang sangat penting, karena dengan mempelajari mata kuliah ini, banyak hal yang bisa dilakukan/dibuat khususnya peralatan-peralatan yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

    Sekian dan Terima Kasih.

    BalasHapus
  7. Nama:I.PUTU KUUSUMAYASA
    Kls :X.TOI

    Awalnya saya berfikir tehnik otomasi industri hanya jurusan ecek-ecek saja karena sebenarnya tehnik otomasi industri bukan jurusan pilihan pertama saya melainkan TKJ[tehnik komputer& jaringan.

    Namun awal pertemuan saya dengan Pak ANDY SUDRAJAT W[guru terbaik dalam bidang tehnik otomasi industri] yang menegaskan bahwa jurusan ini bukan jurusan ecek-ecek,bukan hanya menegaskan tetapi Pak ANDY juga menjelaskan apa itu otomasi....??? Pak ANDY mengatakan anak otomasi akan diajarkan membuat ROBOT yang membuat saya berfikir dan berhayal tentang otomasi.

    Na,,,maka dari itu saya ingin menjelaskan sedikitnya tentang apa itu otomasi yang saya dapat dari ilmu pak ANDY ...!!! otomasi selalu dikaitkan dengan ROBOT,,,mengapa demikian,,itu karena otomasi adalah automatis/pengendali yang dimana pengendali adalah suatu proses pengaturan terhadap sistem yang dilakukan secara sistematis untuk tujuan yang lebih baik.

    Maka,,dari itu jurusan otomasi sangat berpegang teguh bagi masa modern di kemudian hari....

    "OTOMASI ADALAH MASA DEPANKU" mungkin slogan ini yang akan menemani saya tuk terus berkarya,,,,terima kasih Pak ANDY.

    SEKIAN DAN TERIMA KASIH

    BalasHapus
  8. nama : resty mutia perwita
    nim : 2009426053


    teori ini cukup sulit bagi yang terbilang baru mengenal teori ini. sebab teori bahasa dan otomata lebih sebagai bahasa formal untuk kepentingan perancangan kompilator dan pemroses naskah yang dapat disusun dari beberapa variabel yang dapat dibentuk dari alfabet atau rangkaian simbol-simbol yang memiliki arti/makna yang tujuannya adalah menerima input dan mengeluarkan output. Dalam menjalankan perintah ini harus terdapat state (dianggap sebagai memori mesin).

    seperti yang sudah saya ungkapkan di atas perintah dalam program otomata banyak menggunakan simbol-simbol yang setiap simbol memiliki makna yang berbeda, bahkan penggunaan huruf kapital dan huruf kecil memiliki arti atau makna yang berbeda pula.

    aturan penggunaan setiap simbol pun harus diperhatikan dengan teliti. misalkan suatu kalimat dibentuk dengan menerapkan serangkaian aturan produksi pada sebuah simbol "akar". proses penerapan aturan produksi dapat digambarkan sebagai suatu diagram pohon.

    BalasHapus
  9. Nama : Nursusilawanti
    Nim : 2009426034


    Teori otomata merupakan kajian mengenai perangkat komputasi abstrak atau bisa dikatakan mesin abstrak. yaitu mesin skuensial yang menerima input dan mengeluarkan output dalam bentuk diskrit.

    Bahasa formal suatu kalimat dibentuk dengan menerapkan serangkaian suatu aturan produksi pada sebuah simbul 'akar'. Proses penerapan aturan produksi dapat digambarkan suatu diagram pohon.

    Teori otomata dan bahasa formal berkaitan dalam hal :
    pembangkitan kalimat ;menghasilkan semua kalimat dalam bahasa L
    berdasarkan kalimat ; memutuskan suatu string kalimat termasuk salah satu anggota himpunan L.

    Materi ini bukanlah hanya sekedar materi perkuliahan, tetapi bagaimana logika dan penalaran yang di lakukan sebagai proses berpikir untuk menemukan solusi dan mempercepat pemahaman untuk menarik suatu kesimpulan serta mengenali pola permasalahan yang ada pada tahapan pencarian solusinya.

    BalasHapus
  10. Nama : Ika Rahmatullah
    Nim : 2009426054

    Teori Bahasa dan Otomata

    Otomata
    Arti menurut American Heritage Dictionary:
    1. a robot
    2. one that behaves in an automatic or mechanical fashion
    Arti dalam dunia matematika
    Berkaitan dengan teori mesin abstrak, yaitu mesin sekuensial yang menerima input, dan
    mengeluarkan output, dalam bentuk diskrit.
    Contoh :
    ♦ Mesin Jaja / vending machine
    ♦ Kunci kombinasi
    ♦ Parser/compiler
    Teori Otomata dan bahasa formal, berkaitan dalam hal :
    ♦ Pembangkitan kalimat/generation : menghasilkan semua kalimat dalam bahasa L
    berdasarkan aturan yang dimilikinya
    ♦ Pengenalan kalimat / recognition : menentukan suatu string (kalimat) termasuk
    sebagai salah satu anggota himpunan L.
    Bahasa Formal
    Suatu kalimat dibentuk dengan menerapkan serangkaian aturan produksi pada sebuah
    simbol ‘akar’. Proses penerapan aturan produksi dapat digambarkan sebagai suatu
    diagram pohon.

    Teori Bahasa
    •Teori bahasa membicarakan bahasa formal (formal language), terutama untuk kepentingan perancangan kompilator (compiler) dan pemroses naskah (text processor).
    •Bahasa formal adalah kumpulan kalimat. Semua kalimat dalam sebuah bahasa dibangkitkan oleh sebuah tata bahasa (grammar) yang sama.
    •Sebuah bahasa formal bisa dibangkitkan oleh dua atau lebih tata bahasa berbeda.
    •Dikatakan bahasa formal karena grammar diciptakan mendahului pembangkitan setiap kalimatnya.
    •Bahasa Natural/manusia bersifat sebaliknya; grammar diciptakan untuk meresmikan kata-kata yang hidup di masyarakat. Dalam pembicaraan selanjutnya ‘bahasa formal’ akan disebut ‘bahasa’ saja.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini